Mengajari anak naik sepeda roda 2 dari belum bisa menjadi bisa dengan hanya sekitar 2 jam.



1. Siapkan sepeda roda 2 yg ukurannya pas atau lebih kecil sedikit, perhatikan kondisi rem dan setting saddle dgn ketinggian agar kedua kaki dapat menapak dgn sempurna (tidak terlalu tinggi).
2. Untuk belajar cepat membutuhkan jalan dgn permukaan menurun sangat halus, yg memungkinkan sepeda berjalan tanpa dikayuh, sepanjang kurang-lebih 50 meter
3. Minta anak untuk duduk dgn baik dan kedua kaki menapak, ajarkan cara memakai rem dengan aman dan minta selalu melihat kedepan. Pakaikan helm dan pengaman siku dan lutut jika ada, serta memakai sepatu.
4. Minta mereka meluncur dengan kaki tetap di menyentuh aspal spt orang berjalan. Lakukan berkali-kali. Sambil tumbuhnya rasa percaya diri, kecepatan biasanya bisa bertambah.
5. Setelah berkali-kali, minta mereka untuk berusaha mengangkat kaki menekuk ke atas beberapa saat ketika sepeda sudah meluncur, dgn tuntutan bahwa mereka berusaha untuk membangun keseimbangan. Lakukan terus hingga terlihat mereka telah memiliki keseimbangan. Biasanya terlihat sejalan kecepatan yg bertambah.
6. Setelah keseimbangan terbangun, minta mereka tidak hanya mengangkat kaki ditekuk ke atas, tp minta mereka meletakkan kaki ke pedal, tanpa mengayuh! Lakukan terus sampai lancar.
7. Biasanya akhirnya mereka akan mengayuh dengan sendirinya, walau ada kemungkinan saat pertama mengayuh akan mengalami ketidakseimbangan sampai terjatuh. Tp itu bagian dari proses jadi biarkan mereka terus mencoba. Ada baiknya memberitahu untuk mengayuh secara lembut.
Selamat mencoba

(Copas dari Tulisan Gusti Bayu Ismoyo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama